Bentuk Tubuhmu Cerminkan Pola Makanmu

Estimated read time 2 min read

Bekasi, aspirasidirect.com- Siapa sangka, ternyata tipe atau bentuk tubuh dapat menjadi indikasi kebiasaan makanmu, lho. Makanya, kenali tubuh dengan benar biar bisa menerapkan pola makan yang tepat.

  • Apel
    Seperti bentuk apel yang berpusat di tengah, pemilik bentuk tubuh ini memiliki pusat penyimpanan lemak di perut. Ia juga memiliki bentuk kaki dan tangan yang ramping. Kunci untuk menurunkan berat badan bagi pemilik bentuk badan apel adalah dengan mengendalikan kadar gula darah.
    Godaan terberat: makanan manis, soda, dan kafein.
    Saran: makanlah lebih banyak protein, lemak sehat, juga sayuran hijau seperti bayam dan kale.
    Batasi: karbohidrat non kompleks dan buah dengan indeks glikemik rendah.
    Hindari: kopi atau minuman berkafein karena dapat menyingkirkan kortisol dan insulin. Makanan dan minuman dengan gula tambahan seperti minuman olahraga, energy bars atau yogurt yang dimaniskan.
  • Pir
    Jenis tubuh ini memiliki tubuh bagian atas yang jauh lebih kecil, dengan sedikit kelebihan berat pada lengan dan dada. Kelebihan lemak pada pinggul dan paha biasanya paling sulit dikurangi.
    Godaan terberat: susu tinggi lemak, latte, makanan pencuci mulut yang berkalori tinggi.
    Saran: perbanyak sayuran dan buah-buahan berserat tinggi, quinoa, soba, dan beras merah yang sehat. Juga termasuk sejumlah kecil protein dan lemak non-susu.
    Hindari: produk susu berlemak tinggi (keju, krim), produk non-organik dan daging (yang mengandung pestisida atau hormon), sodium tinggi, kafein, alkohol, kedelai tanpa fermentasi.
  • Piramida terbalik
    Tipe tubuh ini cenderung memiliki bahu yang lebih lebar yang meruncing ke arah pinggang dan pinggul. Mereka biasanya membawa massa otot yang cukup di bagian atas tubuh, tetapi cenderung menyimpan lemak ekstra melalui dada, punggung lengan dan di atas garis bra.
    Godaan terberat: makanan gurih-asin, berlemak, cepat saji, dan alkohol.
    Saran: mulailah dengan karbohidrat kompleks dasar (gandum, beras merah) dan suplemen dengan susu rendah lemak dan banyak jus sayuran segar, sayuran hijau dan buah-buahan berserat tinggi.
    Hindari: daging berat, keju berat, camilan asin, protein bar, minuman berkafein.
  • Jam pasir
    Bentuk tubuh paling diidamkan wanita. Lemak merata di seluruh tubuh sehingga tidak perlu mati-matian mengecilkan satu bagian tubuh saja. Sayangnya sering berisiko lebih besar untuk memiliki kadar gula darah yang tinggi.
    Godaan berat: susu, karbohidrat manis.
    Saran: pilihlah makanan dengan indeks glikemik rendah dan makan lima hingga enam porsi kecil sehari. Makan lebih banyak buah dan sayuran segar, dan lemak sehat.
    Hindari: makanan olahan (roti putih, mie, dan nasi).

Sumber: /SolusiSehatSempurna

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours