DLH Kabupaten Bekasi Bersihkan Puluhan Ton Sampah Kali Cikarang

Bekasi, aspirasidirect.com 
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi melakukan  bersih bersih kali  Cikarang  dengan mengangkut puluhan ton sampah di Desa Sukajaya  Kecamatan  Cibitung  Kabupaten Bekasi pada sabtu  (22/7/2023) 
Kegiatan bersih-bersih kali  Cikarang yang tersumbat oleh genangan sampah yang ada di pintu air Kali Cikarang yang air  terusannya mengalir ke arah Kali Srengseng Sukatani dan seterusnya.
Pihak  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi  Dedi Kurniawan  mengatakan ,  bahwa   kegiatan pengangkatan dan pengangkutan sampah di kali Cikarang ini yang sudah  ke sekian kalinya,  kalau di  hitung dari tahun kemarin ada sekitar delapan  sampai sembilan kali  pengangkatan dan  pengangkutan sampah  di sini dengan cara menggunakan alat berat dan juga manual.
” Kita juga  rutin   melakukan giat patroli sungai di sepanjang kali Cikarang ini sampai ke Sukajaya , memang  kami melihat ada 24 titik sampah liar gitu ,  di sepanjang kali Cikarang dan memang sudah sangat meresahkan. Jadi ketika banjir itu kan di pinggir sungai sampah  jadi  keangkat  gitu,  ya kegerus air sampailah  di pintu air  sini,” Ucap Dedi
Bisa  jadi  kata  dia  sambungnya,  aliran sungai ke wilayah daerah  utara  atau ke  bawah sana  kendalanya ada kekeringan  dari  sini.  Pintu Air ini juga  memang  salah satunya  yang sudah cukup  lama  namun masih berfungsi.
Jika di lihat   diameternya  kurang lebih sampah di pintu air  sekitar   32 inci atau (bottle next)  sehingga  menyumbat  karena berkumpulnya sampah 
 
Kalau sampah  basah satu truk itu bisa 5 sampai 6 kubik, namun  kalau kering enggak sampai segitu , kalau basah kaya gini  sudah 36 ton.  Untuk proses angkutannya dari sebagian wilayah  UPTD  III ,  sebagiannya  kita kolaborasi dengan UPTD lain masing-masing satu truk.  Rencananya kita pastikan bahwa ini akan berakhir di TPA  burangkeng  Kabupaten Bekasi,” Pungkasnya 
Pesan kami kata Dedi, saya minta bantuannya   buat  masyarakat  atau warga  yang tinggal di bantaran sungai,  saya mohon dengan sangat agar  tidak membuang sampahnya ke sungai karena ada saudara-saudara kita yang hari ini merasakan dampak dari pembuangan sampah tersebut.
Kepala Desa Sukaringin Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi Royadi mengatakan yang hadir  bersama warganya di lokasi kegiatan, bahwa dirinya atas nama Kepala Desa dan warga wilayah utara Kabupaten Bekasi mengatakan, agar terkait sampah yang menyumbat di pintu air Cikarang ini dapat selalu di bersihkan, karena dengan adanya penyumbatan sampah ini, sawah yang ada di wilayah utara menjadi kekeringan.
” Saya berharap dari warga saya yang ada di wilayah Desa Sukaringin Kecamatan Sukawangi termasuk wilayah kecamatan lain yang menggunakan aliran sungai ini agar sawahnya tidak lagi kekeringan seperti sekarang ini.
Terutama untuk Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi agar memperhatikan pintu air ini juga yang menurut saya selalu tersumbat sampah, kalinya dangkal, termasuk pintu air sebelahnya udah rusak, ” Ucapnya penuh harap.
Wilayah utara yang meliputi beberapa kecamatan seperti Sukatani, Cabang bungin, Muaragembong kerap kali mengalami kekeringan persawahannya, hal ini perlu perhatian serius oleh dinas terkait.(s).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours