Koramil 1312/Cisaga Kodim 0613/Ciamis Tanam 210 Pohon di Curug Lengkong

Estimated read time 2 min read

Ciamis,aspirasidirect.com
Dalam upaya untuk mengantisipasi potensi longsor di wilayah Binaanya, kembali Koramil 1312/Cisaga Kodim 0613/ciamis melaksanakan penanaman pohon sebagai langkah konkrit dalam pelestarian lingkungan. Sebanyak 210 pohon ditanam di Curug lengkong Dusun Bantardawa 1 Desa Karyamulya Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis Jawa Barat guna memperkuat struktur tanah dan mencegah potensi terjadinya longsor, Sabtu (30/12/2023)

Kodom 0613 Ciamis tanam pohon

Komandan Koramil 1312/Cisaga, Kapten Arh Agus Purnomo menyatakan bahwa langkah ini merupakan bagian dari program pencegahan bencana yang dilakukan oleh pihak TNI AD bersama-sama dengan pemerintah daerah setempat. “Kami sadar betul akan potensi risiko longsor di wilayah ini, khususnya di sekitar Curug Lengkong. Oleh karena itu, kami mengambil langkah proaktif dengan melakukan penanaman pohon untuk mengurangi dampak negatif yang mungkin timbul,” ujarnya.

Pohon-pohon yang ditanam dipilih berdasarkan jenis dan keunggulan dalam mengikat tanah, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal dalam mencegah erosi dan longsor. Selain itu, penanaman pohon juga diharapkan dapat meningkatkan keberlanjutan ekosistem dan memberikan kontribusi positif terhadap kualitas udara di sekitar wilayah tersebut.

Dalam kegiatan ini, Koramil 1312/Cisaga melibatkan anggota TNI-POLRI,Ormas dan masyarakat setempat sebagai bentuk sinergi dalam menjaga kelestarian lingkungan. Masyarakat juga diberdayakan untuk ikut serta dalam pemeliharaan pohon-pohon yang ditanam, sehingga keberlanjutan program ini dapat terjaga dalam jangka panjang.

Danramil mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung dan aktif berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan, terutama dalam mencegah bencana alam seperti longsor. Semua pihak diharapkan dapat bersatu tangan dalam menjaga kelestarian alam demi keberlanjutan hidup bersama.

Program penanaman pohon ini diharapkan dapat menjadi contoh nyata kolaborasi antara pemerintah, militer, dan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan alam dan melindungi wilayah dari potensi bencana alam.(r).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours